Kamis, 09 Desember 2010

Deskripsi Sistem Informasi


          Dalam ruang lingkup internal dari Bank K, Bank ini memiliki sumber daya manusia yang berjumlah sekitar kurang lebih 200 orang. Masing-masing sumber daya manusia tersebut, tergabung dalam beberapa divisi, antara lain :
  1.  Divisi Teller                               =      3 orang
  2. Divisi Administrasi                       =      2 orang
  3. Divisi Accounting dan Financial      =      2 orang
  4. Divisi Manajerial                          =      3 orang
  5. Divisi IT                                     =     5 orang
  6.  Divisi Supervisor                         =      3 orang
  7. Divisi Kebersihan                         =      5 orang
  8. Divisi Keamanan/Security             =       5 orang
  9. Divisi Parkir                                =      2 orang
  10. Divisi Marketing                          =       xxx (jumlahnya dari sisa dari 9 divisi)
Untuk hal peralatan Bank, Bank memiliki kurang lebih 150 PC yang semuanya telah termasuk dalam tiap-tiap divisi yang ada, kecuali Divisi Kebersihan. Selain PC, Bank juga mempunyai 5 Software, antara lain Ms. Windows Server 2003, Ms. Windows XP, Linux, Ms. Office dan Ms. SQL Server. Adapun server yang digunakan ada 2, seperti IBM AS 400 dan IBM X 3200.
          Bank K memilki system jaringan database untuk mengontrol keamanan Dari Bank tersebut. LAN (local area network) dan WAN (wide area network) adalah jenis system jaringan yang digunakan oleh Bank K. Database lain yang digunakan adalah Database AS 1400 DB 2, Ms. SQL Server dan Ms. Access. Database ini disimpan melalui server (keamanan database) dan back-up (untuk cadangan database).
          Untuk menghindari kejadian yang tidak diduga, Bank K menggunakan system keamanan firewall, anti virus dan network monitoring system. Selain menggunakan system, juga tersedia ruangan DRC (Disaster Recovery Center) guna memback-up database. Back up tersebut, hanya bagian IT dan Manajerial yang mengetahuinya, sedangkan yang harus bertanggung jawab adalah Supervisor meskipun penanggung jawab awal adalah user/masing-masing divisi.
          Selain system jaringan, ada juga system informasi, yaitu system Perbankan, Payroll(HRD) dan Kredit. Dalam system informasi yang diperbolehkan memakainya adalah masing-masing user/petugas terkait yang sesuai dengan divisi dan target kerjanya. Untuk keamanan database,yang bertanggung jawab adalah Departemen IT/Divisi IT.
          Untuk penyimpanan datanya, Bank K melakukan proses input data secara manual lalu masuk ke system hingga keluar outputyang diperlukan oleh masing-masing user/divisi. Data yang dipakai oleh Bank K ada 3, antara lain data nasabah, karyawan dan dana pihak ketiga dll (berdasarkan dari tabungan dan deposito).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar