Kamis, 09 Desember 2010

Latar Belakang

Latar Belakang


        Saat ini dunia pengetahuan dan teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat, sehingga kebutuhan akan informasi yang sangat cepat, tepat, akurat sangat dibutuhkan setiap perusahaan organisasi maupun bidang lainnya. Data yang diperoleh akan diolah sedemikian rupa sehingga kebutuhan informasi dapat dicapai. Salah satu produk dari pengetahuan dan teknologi adalah komputer. Munculnya peralatan komputer merupakan salah satu bukti nyata yang dicapai, mesin komputer salah satu pengolah data yang mampu mengerjakan perhitungan-perhitungan yang rumit dalam jumlah yang besar, serta dapat menyajikan informasi secara cepat, tepat, teliti sesuai yang di inginkan.

Dalam era globalisasi dimana informasi menjadi kunci utama, maka pertukaran informasi baik intra maupun antar perusahaan atau organisasi menjadi sebuah keharusan. Bagi organisasi atau perusahaan yang menggunakan Computer Based Information System (CBIS) atau Sistem Informasi Berbasis Komputer, jaringan memungkinkan komputer melaksanakan tugasnya dengan lebih cepat dan efisien. Pengolahan data dan informasi secara cepat, tepat dan efisien adalah hal penting yang dibutuhkan bagi lembaga atau instansi yaitu salah satunya adalah perusahaan. Seiring dengan perkembangan teknologi begitu pesat, kebutuhan akan informasi pun sangat dibutuhkan terlebih lagi informasi yang dihasilkan mengandung nilai yang benar, akurat, cepat dan tepat, sehingga siapapun dan apapun yang menggunakan informasi tersebut dapat menangani berbagai masalah yang terjadi dengan cepat. Didalam perusahaan salah satu kegiatan sistem informasi yang dapat dimudahkan yaitu sistem pengolahan data pegawai.
        Dengan sistem informasi teknologi tersebut, maka dibutuhkan perancangan suatu sistem untuk mengolah data-data pegawai tersebut sehingga menjadi suatu informasi yang lengkap dan terperinci. Dengan dukungan sistem komputerisasi, cara kerja suatu sistem yang sebelumnya manual dapat mengubah cara kerja yang lebih efisien, tepat guna dan berdaya guna serta terjamin mutu dan kualitas prosedur kerjanya. Perancangan sistem informasi tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa pemograman diantaranya Microsoft Acces 2007, Acces Database. Pada masa sekarang ini pemograman yang berbasis Acces lebih mudah dan efisien. karena pengembangan dan pengolahannya sangat mudah untuk dilakukan serta tampilannya juga menarik. Keuntungan membuat data dengan menggunakan database tersebut sangat banyak manfaatnya.
         Pada perusahaan database digunakan untuk berbagai macam-macam sistem informasi data-data misalnya pada sistem penggajian, sistem transaksi akuntansi, sistem perbankan, sistem informasi customer, sistem informasi data pegawai dll. Berdasarkan uraian penggunaan database tersebut kami menganalisis sistem informasi data pegawai pada PT. BKE, Sistem informasi data pegawai di PT. BKE, pengolahan data pegawainya sudah baik. Proses input data absen pegawai di Bank kesejahteraan juga sudah baik akan tetapi dalam sistem pengambilan cuti pegawai, serta berkas-berkas data mengenai diri pegawai masih kurang efisien  dikarenakan pada PT. BKE itu sendiri belum menggunakan aplikasi mengenai data pegawai. Maka dari itu kami membuat suatu sistem informasi data pegawai pada PT. BKE dimana program akan di buat dan dapat mengatasi proses pengolahan data pegawai secara efisien.
Tujuan
Adapun tujuan dalam memilih judul Sistem Informasi Data Kepegawaian adalah sebagai berikut:
1.      Membantu memecahkan masalah sistem informasi dan komputerisasi pada PT. BKE.
2.      Merancang suatu sistem pengolahan data pegawai yang diharapkan dapat lebih mudah dipahami.
3.      Menerapkan dan mengembangkan pengetahuan tentang pemograman Microsoft Acces 2007
 

1 komentar: